- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi Bersama SAGUSAVI dan IGI -

Testimoni Sekjen IGI Tentang SAGUSAVI

Kamis, 18 Januari 2018

Modul 1.1 Kanal Pelatihan SAGUSAVI - Deskripsi Kanal dan Struktur Program Sagusavi

A.   Deskripsi Kanal SAGUSAVI
    Sagusavi merupakan Kanal Pelatihan Pembuatan video pembelajaran berupa video klip atau film pendek dengan berdasar dari materi pelajaran. Dari materi pelajaran dituangkan menjadi ide cerita, sinopsis, skenario untuk dibuat menjadi video klip atau film pendek. Praktik dilapangan melibatkan siswa secara langsung dalam mencari ide cerita, menulis sinopsis, skenario dan pengambilan gambar (shooting). Selama proses penyusunan video klip atau film pendek dari awal sampai akhir, menjadi multi pembelajaran bagi siswa, karena selain belajar materi pelajaran, juga belajar mencari ide cerita, menulis sinopsis, skenario, dan bermain peran serta menjadi kameramen. Untk proses editing dan finishing menjadi tugas guru sebagai bentuk inovasi dalam berkarya. Kecuali untuk jenjang SMA dan SMK, siswa bisa di arahkan dan dilibatkan dalam proses editing dan finishing. 

     B.   Produk Kanal Sagusavi
Produk dari Kanal Pelatihan SAGUSAVI ini berupa Video Film Pendek, Video Klip atau Video Film Dokumenter dan Video Story (non animasi).
a.  Video Film Pendek
Film dengan durasi pendek antara 3 sampai 15 menit, tergantung dari rumusan ide cerita, sinopsis dan skenario yang dibuat. Film ini bisa berisi pembahasan materi pokok secara langsung atau dengan membuat jalan cerita dengan bermain peran menyesuaikan tema film yang dibuat atau menyesuaikan isi dari materi pelajaran berdasa pengembangan rumusan ide cerita.
b.  Video Klip
Untuk Video Klip bisa berupa video klip lipzync (lipsing) atau video klip dengan hasil suara rekaman sendiri. Video Klip yang dimaksudkan adalah video klip lagu.
c.   Video Film Dokumenter
Film dokumenter adalah sebuah upaya untuk ‘menceritakan kembali sebuah kejadian/realita, menggunakan fakta dan data’. Yang paling cocok untuk membuat film ini adalah pada mata pelajaran sejarah, goegrafi, seni dan budaya atau mata pelajaran lainnya yang memungkinkan untuk membuat film dokumenter.
d.  Video Story
Video story merupakan salah satu video yang paling mudah untuk dibuat. Karena video story biasanya berupa kumpulan foto-foto dokumentassi atau gambar gambar dengan tulisan tertentu yang dibuat menjadi sbuah video sebagai upaya untuk menampilkan suatu cerita.

     C.1. Alat dan Bahan
Peralatan yang bisa digunakan dalam pembuatan pruduk SAGUSAVI antar lain: Laptop/Komputer, Camera Digital, HP Android, HandyCam, DSLR Camera dan Tripod (jika diperlukan).
a.  Laptop

Digunakan untuk proses pengetikan Ide Cerita, Penulisan Sinopsis, Penulisan Skenario, Pembuatan Storyboard dan Editing. Untuk perumusan ide cerita sampai dengan pembuatan storyboard jika laptop/komputer tidak ada bagi siswa, bisa ditulis tangan. Namun untuk proses editng dan finishing tentu harus menggunakan laptop/komputer.



b.  Camera Digital, HP Android, HandyCam, DSLR Camera
Proses pengambilan gambar (Shooting) pada prinsipnya tidak tergantung pada satu jenis kamera saja. Semua desesuaikan dengan kondisi yang ada. Jika ditempat anda hanya ada HP Android atau Camera Digital (Camdig/Camera Poket) pun bisa digunakan untuk pengambilan gambar (Shooting). Tentu untuk kualitas gambar yang jernih dan tajam membutuhkan fasilitas yang lebih baik. Namun disini yang terpenting adalah proses pembelajarannya, yang sering founder sebut sebagai Multi Pembelajaran.
c.   Tripod
Tripod adalah penyangga kamera, alat ini tidak selalu digunakan dan tentu disesuaikan dengan kebutuhan. Penggunaan tripod akan berpengaruh pada hasil pengambilan gambar. Jika pengambilan gambar dengan tangan langsung kadang ada geteran dan goyang karena faktor kelelahan atau ketidaktenangan kameramen, dan dengan meggunakan tripod gambar menjadi tidak goyang.


     C.2. Software yang bisa digunakan
         A. Editing Audio

  •      AudaCity
  •       Adobe Audition
  •       WavePad Audio Editing
  •       WavePad
  •       FL Studio
  •       Ardour
  •       Wavosaur
  •       Sound Forge Audio Studio
  •       PreSonus Studio One
  •       Dll

         B. Editing Video
  •     AdobePremier
  •       SonyVegasMovie
  •      CamtasiaStudio
  •      CorelVideoStudio
  •      AVS Video Editor
  •      VirtualDub
  •      HitFilm Express
  •      Avidemux
  •      Pinnacle Video Editor
  •      Ulead VideoStudio
  •      Dll

     D.   Struktur Program Kanal Sagusavi
Secara lebih lengkap, struktur program kanal pelatihan SAGUSAVI (Satu Guru Satu Video Pembelajaran) adalah sebagai barikut:
1.   Merumuskan Ide Cerita
2.   Merumuskan Sinopsis Cerita
3.   Menulis Skenario Cerita
4.    Membuat Storyboard
5.    Teknik Pengambilan Gambar (Shooting)
6.    Teknik Editing Audio dan Video
7.    Finishing
Penjelasan:
Modul 1 ini kita akan membahas Struktur Program nomor 1 sampai 3, yaitu Merumuskan Ide Cerita, Merumuskan Sinopsis Cerita dan Menulis Skenario Cerita (Untuk Video Film Pendek).
1.    Merumuskan Ide Cerita
2.    Merumuskan Sinopsis Cerita
3.    Menulis Skenario Cerita



---<<< Bersambung ke Modul 1.2 >>>---
BACA SEMUA KETENTUAN DISINI!!

Founder Kanal:
Widi Astiyono (Kang Widi)
NTA IGI. 201603240000016
Wasekjen IGI Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan

6 komentar:

  1. SAGUSAVI ini untuk guru mapel apapun kan Pak? Saya guru matematika bisa gak ya buat video klip yang diharapkan di diklat ini?

    BalasHapus
  2. Susah gak y mau cobalah belajar

    BalasHapus
  3. saya juga mau belajar, klo semua software ada di laptop apakah laptop tidak berat. laptop sy kecil 11 inch

    BalasHapus